Tanda Anak Cemburu

 

Inilah beberapa contoh sikap yang akan ditunjukkan anak ketika dia dilanda rasa cemburu.
  • Anak suka merengek, menunjukkan perilaku yang memancing rasa marah, atau bersikap menjengkelkan. Bisa juga rasa cemburunya ditunjukkan dengan cara aksi mogok makan atau rewel memilih jenis makanan yang mau dimakannya.
  • Anak mudah marah, menunjukkan sikap agresif, atau nakal berlebihan. Bentuknya bisa dilakukan dengan kata-kata kasar atau perilaku merusak benda-benda yang menjadi sasaran kemarahannya. Bisa dengan dibanting, dibuang, atau dilempar.
  • Anak jadi pendiam, tiba-tiba menjadi tidak mau melakukan sesuatu yang biasanya disukainya atau dilakukannya. Contohnya, menjadi bersikap pemalu dan tidak mau bersalaman dengan orang yang datang ke rumah dan sudah dia kenal
  • Anak menjadi sering sakit. Bisa saja dia benar-benar sakit atau sekedar berpura-pura. Tujuan sebetulnya adalah mencari perhatian Anda yang dianggapnya berkurang dan tidak memenuhi kebutuhannnya atau merasa “direbut” oleh orang lain.
  • Anak menunjukkan kebiasaan “baru”, misalnya mengisap jempol atau sengaja kencing di tempat atau di waktu yang seharusnya tidak dilakukan lagi. Bertingkah menjadi seperti bayi lagi adalah upaya anak untuk memperoleh kembali bantuan-bantuan seperti yang didapatkan ketika dia masih bayi.(me)

 



Artikel Rekomendasi

post4

Jika Balita Posesif

Ketika balita tak ingin seseorang yang dimilikinya direbut, itulah proses pembelajarannya untuk berbagi. ... read more