Tenangkan Anak Agar Tertidur

 

Anak butuh ketenangan agar bisa tertidur nyaman. Karena jika kurang tidur, perkembangan fisik dan otaknya kurang optimal.

Anak usia 1 tahun membutuhkan setidaknya tidur malam 10 jam dan sekitar 3 jam tidur siang. Sepanjang tidurnya yang nyenyak itu, berlangsung tiga hal penting. Yakni proses pemulihan fisik, perkembangan otak dan pertumbuhan badan. Ketiganya berlangsung optimal jika anak tertidur tanpa terbangun.

Perhatikan pola  tidur
. Jika anak kurang tidur, dia bisa kelelahan, mengalami gangguan sistem imun, bahkan stress. Biasanya, aktivitas yang tinggi (untuk usianya) bisa membuat anak beristirahat dengan mudah, meski sudah masuk waktunya istirahat Jika waktu tidurnya terlewat, dia justru lebih sulit tenang dan tidak bisa segera terlelap.

Anak memiliki jam tubuh yang membuatnya mudah tertidur pada waktu tertentu dan sulit tidur di lain waktu. Karenanya, anak 1 tahun perlu melalukan kegiatan yang bersifat menenangkan untuk membantunya bernapas lebih teratur, detak jantung menjadi lebih normal hingga akhirnya bisa beristirahat dengan tenang.

Suasana menenangkan. Ada beberapa kegiatan yang membuat anak lebih tenang sebelum tertidur.
  • Mendengarkan musik berirama lembut
  • Anda menyanyikan lagu  semisal: Nina Bobo’
  • Menceritakan dongeng sembari tidur-tiduran di kasur. Anak lama-lama mengantuk dan pulas
  • Bermain tenang di tempat tidur dalam cahaya temaram sehingga tanpa disadari, anak terlelap
  • Melakukan kegiatan berulang-ulang, misalnya mengayun-ayunkan anak

 



Artikel Rekomendasi