Tips Ajarkan Anak Bertanggung jawab

 

Jangan ragu mengajarkan anak bertanggung jawab. Tanggung jawab harus diajarkan sedini mungkin. Untuk balita, Anda bisa mengajarkan hal-hal kecil untuk membiasakannya bertanggung jawab. Berikut tip-tipnya:
  1. Ajak ia mengenal seluk beluk keluarga: aturan, tradisi dan sistem keuangan. Dengan mengenal keluarganya dengan baik, akan terbentuk rasa memiliki yang kuat sehingga ia merasa ikut bertanggung jawab pada keluarga.
  2. Terapkan nilai moral yang berbeda setiap bulan, dan fokus pada penerapan nilai itu di rumah. Dengan demikian, anak akan lebih mudah memahami jika diajarkan satu persatu.
  3. Gunakan perumpamaan hewan ketika mengajarkan disiplin dan perilaku terpuji. Hewan biasanya dicintai anak-anak sehingga mereka dapat mengingatnya dengan mudah.
  4. Informasikan segala sesuatu lebih awal tentang seks, narkoba, kejahatan, dan sebagainya. Jelaskan dengan cara dan dalam situasi yang menyenangkan agar anak tidak merasa 'dikuliahi', agar ia tidak penasaran dan mencari info yang salah dari luar rumah.
 
Orang tua harus bersabar ketika mengajarkan balita tanggung jawab. Bukan sesuatu yang instan, tetapi pastinya membutuhkan proses. Terus ajari hingga balita mampu bertanggung jawab untuk hal-hal sederhana yang ia lakukan.

 



Artikel Rekomendasi