Tips Membuat Aturan Menonton TV

 

Hindari menyusun jadwal nonton TV mendekati atau menjelang tidur. Menonton TV terlalu dekat dengan jam tidur, dapat menganggu tidur anak-anak.

Sebuah fragmen dari pengalaman seorang ibu di negara maju: Seorang ibu dari dua anak hanya mengizinkan anaknya menonton TV selama satu jam setiap malam, pukul 7 hingga 8. Tetapi saat pulang dari kegiatan berkemah dan menginap dalam program kegiatan di sekolahnya, saat sampai di pintu rumah, kedua anaknya langsung bertanya, ”Apakah sekarang pukul 7? Artinya kami bisa menonton TV”. Ternyata selama berkemah dan tidak menonton TV, pikiran mereka terus saja fokus kepada program acara TV. Tentu semua ibu akan bertanya, apakah ini normal atau tidak.

Rosenne Tobey, seorang penasehat dan direktur layanan konseling Calm and Sense Therapy mengatakan, memberikan batasan waktu kepada anak untuk menonton TV adalah pilihan yang baik. Namun, Tobey menyarankan untuk menempatkan waktu menonton TV di mana waktu yang terbaik untuk ibu bisa ‘bekerja’.

“Artinya: Biarkan mereka menonton saat mereka ingin menonton,” jelas Tobey. Dengan begitu, anak tidak akan merengek lagi sepanjang malam. “Dan tetap gunakan aturan batas waktu satu jam untuk menonton TV,” lanjut Tobey. Berikut ini tips dari Tobey untuk mengatasi balita kecanduan TV:

  • Buat komitmen bersama tentang aturan jam menonton TV terutama dengan balita 3 - 5 tahun.
  • Jika anak-anak merengek saat Anda mematikan TV, katakan jika tidak mengikuti aturan yang telah disepakati, besok tidak akan ada jam menonton TV lagi. Dan Anda harus benar-benar terapkan dengan konsisten hal tersebut.
  • Hindari memberikan anak jadwal menonton mendekati waktu atau menjelang tidur. Karena menonton TV terlalu dekat dengan jam tidur, dapat menganggu tidur. Hal ini, juga harus Anda terapkan dengan konsisten.
  • Jika, anak merajuk dan mengeluh tentang jam menonton TV mereka, tegaskan bahwa memberi batasan waktu menonton TV adalah demi kebaikan mereka. Atau susun ulang jam menonton TV, sesuai kesepakatan bersama dengan tetap memberi batasan waktu. Sehingga mereka bisa memilih kembali jamnya menonton TV.

 



Artikel Rekomendasi