Tips Sebelum Balita Mahir ke Toilet

 

Urusan ke toilet bagi anak, memang tidak semudah kelihatannya. Berikut gaya khas anak sebelum terampil buang air besar (BAB) di toilet:
  • Sambil berdiri. Mungkin karena dia tidak sabar duduk di toilet, sehingga memilih berdiri. Atau, bisa juga disebabkan fesesnya keras, sehingga secara naluri anak berdiri agar mudah mengeluarkannya.
  • Gaya nungging. Biasanya karena dia sedang senang dengan posisi tengkurap yang menurutnya lebih relaks. Saat BAB pun, kalau bisa sambil "tengkurap".
  • Sambil memeluk bunda, karena balita enggan berpisah dengan bunda. Padahal, BAB adalah kegiatan mandiri yang memisahkannya dari bunda. Mengatasinya, buat jarak pelan-pelan, misalnya tadinya memeluk anak, sekarang cukup berpegangan tangan, lalu duduklah di dekatnya, sampai akhirnya dia mau BAB sendiri.
  • Sambil lompat-lompat. Biasanya dilakukan balita yang aktif, sehingga saat BAB pun tidak bisa diam. Ajak dia melakukan aktivitas yang bisa dilakukan sambil duduk, misalnya melihat-lihat buku, menghitung 1-2-3 (bertahap tambah jumlah hitungannya agar dia bisa duduk lebih lama), atau memerhatikan detail mainan.
  • Sambil baca atau menyanyi. Lucu!  Biarkan saja asalkan tidak sampai turun dari toilet.

 



Artikel Rekomendasi