Ada Tanda Mongolian Spots di Bokong Anak Saya

 

Tanya: Normalkah bila tanda lahir mongolian spots di bokong anak saya (4,5 bulan) menjalar ke bagian punggung, sedikit di lengan dan kaki bagian depan? Dokter meminta kami mengamatinya sampai dia berusia 2 tahun.  

Jawab: Mongolian spot atau bercak Mongol adalah pengumpulan sel-sel kulit yang dinamakan melanosit. Melanosit mengandung melanin, yakni pigmen kulit.  Bercak Mongol dapat berwarna kecokelatan atau kebiruan. Lokasi yang paling sering memang punggung bagian belakang dan bokong, seperti yang dijumpai pada anak Anda. Namun sering pula ditemukan di daerah tungkai, pinggang samping, punggung dan bahu. Ukurannya berkisar antara beberapa milimeter (mm) sampai 15 cm, atau bahkan lebih.

Bercak Mongol terdapat saat lahir dan umumnya akan memudar pada saat anak berumur 2 tahun, dan sebagian besar menghilang saat anak berumur 5 tahun. Jadi kondisi bayi Anda masih dalam kondisi normal. Namun, jika bercak ini tetap ada pada saat pubertas, maka sangat mungkin akan menetap. Bercak yang menetap umumnya bersifat multipel (terdiri atas banyak bagian), lebar atau pada lokasi yang tidak lazim. Semoga bercak Mongol anak Anda akan menghilang.

dr. Hartono Gunardi, SpA(K)

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more