Amankah Dental Floss Untuk Balita?

 

Tanya: Apakah anak saya (3) boleh diajarkan memakai dental floss? Saya khawatir giginya belum bersih meski sudah gosok gigi.

Jawab: Penggunaan dental floss memang sudah dapat diajarkan pada anak sejak umur 3 tahun, seperti yang Anda lakukan. Sebab, meskipun anak Anda sudah dapat menggosok gigi sendiri, tapi karena motorik halusnya belum berkembang optimal, maka dia belum dapat menggosok gigi dengan baik dan benar. Sangat besar kemungkinannya masih ada sisa-sisa makanan yang menempel pada giginya, terutama daerah di antara gigi yang sulit dicapai oleh bulu sikat gigi. Untuk mengajarkan penggunaan dental floss pada balita, Anda dapat mengenalkannya dengan memakai dental floss yang memiliki pegangan dengan bentuk serta gambar lucu. Balita pasti bersemangat menggunakan “alat bantu” baru untuk membersihkan giginya itu. Mintalah dia memakai dental floss setelah gosok gigi menjelang tidur.

drg. Wina E. Darwis, MDSc., SpKGA

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more