Anak Enggan Mengunyah Makanan

 

Tanya: Gigi anak saya (12 bulan) ada 4 buah. Apa yang harus saya lakukan jika ia tak mau mengunyah makanannya? Saya butuh waktu 1 jam lebih kalau memberinya makan.   

Jawab: Anak yang mengemut makanannya dapat disebabkan bangak hal, antara lain makanan yang membosankan atau ada kelainan sensorik di daerah mulutnya. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mencoba menu makanan baru yang lebih kaya rasa, misalnya nasi uduk atau spagheti –tentu saja dipotong kecil-kecil dulu– dan  makanan keluarga lainnya. Anak usia 12 bulan sudah boleh mencicipi semua makanan keluarga, termasuk yang berbumbu. Pemberian makan diupayakan antara 20-30 menit. Jika anak tidak mau makan lagi, hargai kemauannya.

Buatlah jadwal makan yang teratur, yakni biasanya 3 kali makan utama (pagi-siang-malam) dan 2 kali snack (jam 10.00 dan 16.00), sedangkan ASI atau susu dapat diberikan 3 kali, yakni  bangun tidur, sebelum  tidur siang dan malam hari. Jangan memberikan makanan lain di antara waktu-waktu makan tersebut, sehingga anak akan benar-benar lapar saat makan. Mengingat giginya baru 4 buah, berikan daging dalam bentuk cincang halus atau dimasak lunak, misalnya dibuat seperti corned beef agar mudah dikunyah.

Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, SpA(K)


 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more