Anak Kurus dan Mudah Sakit

 

T: Mengapa anak saya (2,5) yang sudah dibiasakan menjalani pola hidup sehat dan setiap hari minum vitamin, tetap kurus dan mudah sakit? Bahkan, setiap sebelum dan sesudah makan selalu cuci tangan.

J: Sistem kekebalan tubuh anak balita memang masih dalam proses perkembangan. Itu sebabnya, anak balita biasanya terkena infeksi ringan sebanyak 6-8 kali dalam setahun. Pada anak Anda  sebaiknya perlu diidentifikasi kemungkinan faktor-faktor penyebab sakitnya. Bisa jadi ia alergi, defisiensi imunitas tubuh atau sakit karena faktor lingkungan. Selain itu, perlu dicermati lebih lanjut pula faktor penyebab infeksi berulang yang dideritanya, serta dampak yang terjadi terhadap proses tumbuh kembang anak. Cermati apakah berat badannya cenderung menurun atau perkembangannya terhambat. Bila ditemukan gejala ini segera periksakan anak Anda ke dokter untuk mendapatkan kepastian kondisi kesehatannya.

dr. Dina Muktiarti, SpA

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more