Balita Alergi Protein

 

Tanya: Sejauh mana saya boleh memberi balita saya (15 bulan) makanan sumber protein, karena dia alergi protein tinggi? Setiap kali makan makanan atau minum susu yang kandungan proteinnya tunggu, muncul ruam-ruam merah di badannya.

Jawab: Ruam merah tersebut bisa disebabkan kandungan sat tertentu dalam makanan, misalnya zat histidan pada ikan laut, atau pada susu. Biasanya, anak alergi terhadap protein susu sapi. Untuk memastikan penyebab alergi pada anak Anda, saya anjurkan membawa ke dokter anak subspesialis alergi.

Bebelum diketahui pasti penyebabnya, balita masih boleh diberi sumber protein yang berasal dari daging ayam, daging sapi, ikan air tawar dan sumber protein nabati, seperti tempe dan tahu. Telur boleh dicoba, namun sebaiknya mulai dari kuning telurnya saja. Paling aman, telur utuh baru diberikan setelah usia anak lebih dari 2 tahun.

dr.Titis Prawitasari, SpA

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more