Balita Batuk Berkepanjangan

 

Tanya: Balita saya berusia 5 tahun mempunyai catatan medis terkena flek di usia 6 bulan. Ia sudah menjalani pengobatan selama 6 bulan dan sudah sembuh. Ia tidak batuk lagi dan berat badan ideal. Namun baru-baru ini balita saya menderita batuk yang berkepanjangan sampai sekarang.

Batuknya hilang-muncul-hilang. Saya sudah coba obati ke dokter spesialis, namun sampai sekarang tidak sembuh juga. Obat yang diberikan : - Meptin - Longcef - Antibiotik - Puyer (racikan) - Histrine (cetirizine Hcl). Apa tindakan yang harus saya lakukan? Apakah obat tersebut boleh saya beli di apotik dan aman untuk balita saya?

Jawab: Dari keterangan yang Ibu berikan, sepertinya ada kecenderungan alergi pada balita. Coba digali lagi pada riwayat keluarga, adakah alergi/asma pada keluarga suami/istri. Anak dengan flek paru jarang sekali batuk-batuk, seringkali nafsu makan berkurang dan berat badan tidak naik-naik. Yang penting pada penanganan alergi adalah mengenali faktor-faktor apa saja pemicu alergi pada anak sehingga dapat dihindari. Beberapa faktor pemicu alergi seperti debu, bahan-bahan berbulu, asap, rokok, obat nyamuk, dan sebagainya.

Dr. Arti Kusumawati, Sp.A
RSIA Hermina Tangerang

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more