Balita Gemar Melepeh Makanan

 

T: Balita saya (3 tahun) selalu melepeh jika diberi makan daging. Padahal teksturnya sudah dibuat halus (diblender). Bagaimana, ya?

J: Daging memang mempunyai serat yang kasar sehingga harus dikunyah dengan baik sebelum dapat ditelan. Anak-anak seringkali mengalami kesulitan untuk mengunyahnya. Ada informasi tambahan yang saya butuhkan, apakah untuk makanan lain anak Anda bisa mengunyah dan menelannya? Apakah ia mau menelan daging halus yang disembunyikan, misalnya dalam perkedel daging cincang atau makaroni panggang? Perlu untuk membedakan apakah ia tidak bisa mengunyah daging atau tidak menyukai daging? Bunda bisa mencoba menggunakan daging yang juicy dan tidak liat, seperti daging has dalam, yang dipotong kecil sehingga lebih mudah dikunyah. Teknik memasak menggunakan pressure cooker juga akan membantu. Jangan lupa untuk memastikan giginya tidak ada yang lubang sehingga menyulitkan proses mengunyah.

Dr. Yoga Devaera, Sp.A(K)

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more