Balita Hanya Doyan Makanan Manis

 

Tanya: Anak saya (10 bulan, 9,2 kg, 75 cm) sudah mulai makan bubur tim, tapi hanya mau makan makanan yang rasanya manis. Dia tidak suka makan buah. Bagaimana caranya agar dia mau makan makanan rasa lain?

Jawab: Sejak lahir memang sudah memiliki sifat dasar menyukai rasa manis, dan menolak rasa pahit. Sedangkan untuk rasa asin, sebagian bayi bersikap netral dan sebagian lainnya menolak. Kecenderungan untuk menyukasi rasa asin pada anak-anak, biasanya akan berkembang setelah dia berusia 2 tahun.

Aneka rasa makanan sudah boleh mulai Anda perkenalkan secara bertahap, setelah anak berusia 6 bulan, yakni ketika dia suah selesai masa pemberian ASI eksklusif. Jadi, Anda sudah boleh mulai memperkenalkan aneka jenis dan tasa makanan kepada anak, satu rasa setiap kali. Berikan selama3 hari, untuk memberi kesempatan anak mengenal dan menerimanya. Bila dia menolak, berikan makanan dengan rasa yang lain.

Dr.Elia Indria Ningsih, MS, SpGK

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more