Balita Menggunakan Tangan Kiri

 

T: Balita saya cenderung menggunakan tangan kiri untuk melakukan aktivitas. Saya khawatir ia kidal padahal budaya Indonesia menganggap hal itu tidak sopan. Apa yang harus saya lakukan?

J: Kidal bukanlah sesuatu yang abnormal atau menyimpang. Kidal hanyalah masalah preferensi atau pemilihan penggunaan tangan, yang umumnya dipengaruhi oleh pemfungsian otak, lateralisasi antara otak kiri dan kanan, dan juga faktor genetis, misalnya salah satu orangtua juga kidal.

Yang penting ditanamkan adalah pemahaman bahwa kedua tangan sama baiknya dan sama bermanfaatnya. Bila ia cenderung kidal, jangan paksa balita untuk lebih aktif menggunakan tangan kanannya karena bisa membuat anak tertekan. Biarkan ia merasa nyaman dahulu dengan apa yang mau ia lakukan dengan tangannya. Ini penting untuk mematangkan koordinasi tangan dengan organ lain, misalnya mata.

Sejalan dengan bertambahnya usia, barulah perkenalkan dan bantu ia memakai tangan kanannya, misalnya ketika memberi salam atau aktivitas lain yang tidak memerlukan dominasi atau kekuatan tangan kirinya. Selain itu, mengoptimalisasi penggunaan tangan kanan dan kiri juga memberi pengaruh positif.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more