Balita Mual Setelah Makan

 

Tanya: Balita perempuan saya berumur 4 tahun setiap habis makan, terutama setelah sarapan, dia selalu merasa mual, dan akhirnya muntah. Kejadian ini memang tidak sering terjadi. Sepertinya balita saya sensitif dengan beberapa aroma yang terlalu menyengat dia selalu mual lagi. Apakah ini hanya sugesti, hanya suatu kebiasaan atau penyakit?

Jawab: Bila balita kerap muntah saat diberi makan, kemungkinan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab:
  1. Adanya penyakit/gangguan sistem pencernaan. Hal ini harus dipastikan oleh dokter, ada atau tidaknya gangguan ini. Mual/muntah pada balita bisa jadi merupakan gejala dari suatu penyakit seperti batuk, radang tenggorokan, radang sistem pencernaan, dan sebagainya.
  2. Feeding problem, misalnya karena tekstur makanan yang terlalu kasar atau balita tidak suka dengan jenis/rasa makanan, bisa disebabkan juga karena rasa bosan terhadap makanan yang kurang bervariasi.
  3. Faktor psikologi, misalnya karena trauma pada paksaan makan, wajah orangtua/pengasuh yang tegang saat memberi makan. Jadi buatlah suasana makan menjadi suasana yang menyenangkan, kebiasaan makan bersama juga lebih efektif merangsang balita untuk makan daripada cara paksaan yang akan membuat balita menjadi trauma.

Dr. Arti Kusumawati, Sp.A
RSIA Hermina Tangerang

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more