Balita Prasekolah Takut Sekolah

 

Tanya: Balita prasekolah saya (3) semangat ke preschool dan mengerjakan tugas yang diminta. Menurut gurunya, ia suka menangis dan ketakutan di kelas. Tapi, bila disuruh maju ke depan, ia tetap semangat. Ketika saya tanya, ia mengaku sering dinakali teman-temannya; semisal dicubit. Ia juga takut pada ibu guru yang suaranya keras dan galak. Apa yang harus saya lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya?

Jawab: Dari penjelasan Anda, langkah pertama adalah mengomunikasikan pada gurunya tentang apa yang dirasakan dan dialami balita Anda. Guru bisa membantu melakukan intervensi bila memang teman-teman balita Anda suka mencubitnya.

Mengenai suara guru, diharapkan guru mau memahami perasaan anak dan menggunakan pendekatan berbeda dalam berinteraksi dengannya. Penting sekali dalam ini menamamkan rasa senang untuk sekolah agar bisa membentuk sikap positif tentang belajar dan berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan sekolah. Sebelum membuat ia percaya diri dan berani, buat ia nyaman dan senang terlebih dahulu sehingga perasaan positif tentang sekolah dan teman-temannya tumbuh.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more