Balita Sangat Aktif

 

Tanya: Balita saya (2 tahun) sangat aktif. Dia hanya tenang dalam kondisi tidur atau sedang menonton acara TV kesukaanya. Apakah ini normal?

Jawab: Balita sedang berada pada tahap perkembangan sensori motorik yang sangat pesat. Umumnya balita 2 tahun memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap lingkungannya. Itu sebabnya, ia tampak sangat aktif mengeksplorasi apa saja yang ada di sekitarnya. Ada baiknya balita tidak dilarang atau dibatasi ruang geraknya, sehingga dia dapat memuaskan rasa ingin tahunya. Balita akan terbantu apabila Anda memberikan aktivitas fisik yang terarah, sehingga melatihnya mengotrol diri. Namun perlu dicermati, sejalan dengan perkembangan usianya, apakah aktivitas anak sesuai atau tidak dengan situasi yang ada. Misalnya, jika berada di dalam kamar dan hendak tidur balita masih berlarian, ajak dia “membaca” buku cerita dengan memperagakan beberapa gerakan yang berkaitan dengan isi cerita. Selain itu, perhatikan ketika dia bermain dengan beberapa anak seusianya, apakah perilakunya kurang lebih sama atau sangat berbeda dengan kebanyakan anak lain. Jika berbeda, Anda dapat menyampaikan pada ahli, seperti psikolog atau dokternya.  

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more