Balita Sering Sariawan

 

Tanya: Mengapa anak saya (2) sering sekali terkena sariawan? Dalam sebulan, dia bisa 4 kali sariawan. Padahal, dia suka sekali makan buah-buahan.  
 
Jawab: Sariawan, atau bahasa medisnya disebut stomatitis, adalah peradangan di selaput rongga mulut, dan dapat melibatkan pipi bagian dalam, gusi, lidah dan kerongkongan. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai higienis mulut yang kurang baik, minuman terlalu panas, alergi, radiasi, infeksi, obat, atau kekurangan beberapa zat makanan seperti protein, zat besi, Zinc, dan vitamin B (B1, B2, B3, B6, B9, B12).

Infeksi yang sering menyebabkan sariawan adalah infeksi virus. Beberapa virus dapat menimbulkan gejala sariawan dalam mulut berbentuk ulkus (borok) kecil di gusi, lidah, maupun kerongkongan. Virus yang dapat menimbulkan gejala sariawan antara lain Varisella (cacar air), Herpes simplex, dan Coxsackie virus (hand, foot and mouth disease).

Sariawan yang sering kambuh seperti yang diderita anak Ibu biasanya adalah stomatitis aptosa. Penyebab pasti stomatitis aptosa masih belum diketahui. Ada yang menyatakan penyebabnya adalah alergi, kekurangan beberapa zat makanan, serta autoimun. Penyebab yang terakhir adalah kondisi dimana antibodi dalam tubuh yang berlebihan menyerang organ tubuh sendiri. Ada juga sariawan yang merupakan gejala awal dari IBD (Inflammatoy Bowel Disease) yang juga merupakan kelainan autoimun yang jarang terjadi di Indonesia tetapi sangat banyak di negara Barat. Sebaiknya Ibu membawa balita ke dokter anak atau dokter gigi anak untuk memastikan penyebab sariawan berulang yang dialaminya. Dengan demikian, pengobatannya menjadi tepat.

dr. Muzal Kadim, SpA




 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more