Balita Suka Minum Teh

 

Tanya: Apakah ada batasan porsi minum teh pada anak balita? Anak saya (2,5) sangat gemar minum teh buah dan sehari bisa minum 5 cangkir.

Jawab: Memang tidak ada batasan khusus porsi atau volume teh yang aman untuk dikonsumsi anak balita. Tapi, meskipun demikian Anda perlu ingat bahwa di dalam teh, terkandung zat tanin yang bersifat menghambat pernyerapan zat besi di dalam tubuh.

Dalam keadaan normal, tubuh memerlukan zat besi untuk menjalani sekitar 300 proses metabolisme, termasuk di antaranya metabolisma otak dan sistem saraf pusat. Karenanya, sebaiknya anak mengonsumsi teh jangan berlebihan karena dapat menyebabkan tubuh anak kekurangan zat besi.

Apabila balita menyukai rasa buah-buahan, cobalah mengalihkan kegemaran anak minum teh rasa buah dengan memberikan buah-buahan, baik dalam bentuk jus buah maupun potongan buah segar. Ini akan lebih menyehatkan bagi tubuh buah hati Anda.

dr. Titis Prawitasari, SpAK

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more