Balita Terkena Herpes Zoster

 

Tanya: Apakah anak saya (1,5 tahun) yang terserang penyakit  sejenis herpes boleh dimandikan? Penyakit itu sudah berjalan 5 hari, dan dia sudah saya beri salep. Bagaimana mencegah penularannya? Makanan apa yang perlu dihindari?  

Jawab: Apabila anak Ibu sudah tidak demam, dia boleh dimandikan, baik dengan sabun biasa maupun sabun antiseptik. Mandi dapat membantu  mempercepat penyembuhan.  Sebetulnya, herpes zoster tidak gampang menular ke bagian tubuh yang lain dan hanya menyerang satu segmen saraf, seperti sebagian dada atau sebagian muka. Kadang, karena terasa gatal, anak menggaruk dengan kukunya. Tindakan ini menyebabkan infeksi sekunder oleh bakteri.

Infeksi sekunder biasanya disebabkan bakteri yang ada di permukaan kulit. Pada keadaan kulit utuh, bakteri tersebut tidak mengakibatkan infeksi. Tetapi bila kulit terbuka karena garukan atau luka, maka bakteri masuk melalui celah kulit dan menyebabkan infeksi. Bila kuku si kecil tadi menggaruk bagian tubuh lain yang terluka, maka bagian tubuh lain itu juga akan terkena infeksi sekunder.  

Untuk mencegah penularan penyakit ke orang lain, balita harus diisolasi, yakni ditempatkan di kamar tersendiri, dengan cukup ventilasi, sejuk, dan tidak banyak dikunjungi anak lain selama 1 minggu sejak dimulainya demam. Makanan yang harus dihindari adalah yang berlemak, serta telur, ikan laut dan tomat. Beri balita  salep antibiotik. Bila kondisinya tidak membaik, dia perlu diberikan tambahan antibiotik yang diminum.

Herpes zoster jarang menyerang anak kecil, atau biasanya menyerang orang dewasa, kecuali ibunya mengalami cacar air sewaktu hamil. Karena itu, bila keadaan melanjut atau tidak membaik, saya sarankan anak Ibu berobat kembali ke dokternya untuk mencari penyebab lain.

dr. Hindra Irawan Satari, SpA(K), Mtrop. Paed

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more