Balita Tuberkolosis

 

Tanya: Anak saya (2,5 th), perawakannya kecil, kurus, sering batuk pilek dan didiagnosia menderita TB. Benarkah diagnosa ini, karena belum dilakukan pemeriksaan laboratorium atau rontgen.

Jawab: Kalau seorang anak dicurigai TB (tuberculosis), maka tindakan pertama adalah uji Mantoux (Mt), yaitu dengan menyuntikkan suatu zat ke tangan anak dan dilihat dalam waktu 48-72 jam kemudian. Bila diameter benjolan (indurasi) di tempat suntikan lebih besar atau sama dengan 10 mm, maka disebut sebagai Mt positf. Artinya, anak tersebut sudah pernah terkena (kontak) dengan kuman mycobacterium, baik dalam bentuk kuman secara utuh atau bagian dari kuman itu. Dengan adanya Mt positif, sangat bisa curiga adanya T pada si anak. Untuk menambah data, dilakukan pemeriksaan foto rontgen dada, dilihat dari depan dan samping. Dari data yang terkumpul lewat pemeriksaan tersebut, dokter dapat menegakkan diagnosis TB pada anak. Kalau sudah diketahui TB, maka pengobatannya sekitar 6 bulan dengan minum obat teratur setiap hari.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more