Bayi Sering Buang Angin

 

Tanya: Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi bayi saya (3 bulan) yang sering buang angin?

Jawab: Bayi Anda sering buang angin karena produksi gas di dalam usus besarnya berlebihan. Penyebab lainnya, mungkin dia banyak menelan udara ketika menyusu. Di dalam usus besar memang terdapat sejumlah mikroorganisma yang tidak mengganggu, yang bertugas melakukan proses fermentasi zat-zat makanan, terutama karbohidrat, yang tidak diserap usus halus. Hasil proses fermentasi ini berupa asam lemak rantai pendek dan beberapa jenis gas.

ASI yang dikonsumsi bayi, banyak mengandung laktosa (sejenis karbohidrat), sementara enzim pengurai laktosa pada bayi berumur kurang dari 4 bulan belum terbentuk sempurna. Ini menyebabkan laktosa turun ke usus besar dan difermentasi oleh mikroorganisma di dalamnya. Seiring bertambahnya umur  kondisi ini akan hilang dengan sendirinya. Untuk mengatasinya, cobalah perbaiki cara Anda menyusui. Mungkin selama ini puting payudara Anda tidak masuk semua ke dalam mulutnya  sehingga bayi Anda banyak menelan udara. Cara lainnya, cobalah disendawakan setiap kali Anda selesai memberinya ASI. (me)

dr. Muzal kadim, SpAK

Baca juga:
Posisi Benar Payudara Saat Menyusu
Atasi Bayi Kembung

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more