Berat Badan Ideal Anak

 

Tanya: Anak bungsu kami laki-laki, umur 5 tahun dengan berat badan 18 kg, Sudah hampir 2 bulan ini sering minta makan pada larut malam. Menurut info yang saya dapat, kalau anak suka makan larut malam tubuhnya akan cepat gemuk. Tapi jika saya perhatikan tidak terlihat tanda-tanda itu. Justru tinggi badannya yang bertambah bahkan sekarang hampir setinggi kakak perempuannya yang saat ini kelas 3 SD. Pertanyaan saya, apakah baik jika sering makan di larut malam ?  Apa benar laki-laki lebih cepat tinggi ketimbang perempuan ?  
 
Jawab: Berat badan anak ibu normal. Berat badan ideal anak umur 5 tahun adalah 18 kg. Anak laki-laki mengalami pertumbuhan maksimal sampai umur 14 tahun. Sedangkan anak perempuan maksimal umur 12 tahun. Setelah mengalami menstruasi, umumnya anak perempuan tidak mengalami pertumbuhan lagi. Saat pubertas kecepatan pertumbuhan anak laki-laki 10,3 cm/ tahun, sedangkan anak perempuan 9 cm/ tahun. 

Makan malam tetap diperbolehkan asalkan kita bijak dalam memilih jenis makanan dan memperhitungkan asupan kalorinya. Hitunglah total kalori yang dibutuhkan selama 1 hari. Lalu kita pecah-pecah jadi makan pagi, siang dan malam. Bila jumlah asupan kalori pada pagi dan siang sedikit, boleh-boleh saja mencukupi sisanya di malam hari. Asal jangan terlalu larut malam. Kalori dari makan malam yang berlebihan akan disimpan dalam bentuk lemak karena tidak dipakai.

dr.Linnie Pranadjaja, Sp.A, M.Kes (RS Mitra Keluarga Bekasi)  

 



Artikel Rekomendasi