Berbahayakah Balita Menelan Pasta Gigi?

 

Tanya: Berbahayakah bila anak saya (3,5) senang menelan pasta gigi? Bagaimana menghentikan kebiasaan ini?

Jawab: Pasta gigi mengandung berbagai bahan kimia untuk mencegah gigi berlubang, salah satunya adalah fluor. Pemakaiannya bisa dengan cara ditelan (di dalam air minum, tablet, obat tetes) atau dioleskan langsung pada gigi (obat kumur, gel, pasta gigi). Untuk anak balita, pasta gigi tidak ditujukan ditelan. Karenanya, setelah gosok gigi anak perlu berkumur untuk membuang sisa pasta gigi di mulut. Kebanyakan menelan fluor dapat mengakibatkan fluorosis, berupa bercak-bercak putih keruh pada permukaan gigi.

Beberapa cara untuk menghilangkan kebiasaan anak menelan pasta gigi antara lain, ajak anak gosok gigi lalu berkumur-kumur bersama beberapa kali sampai seluruh sisa pasta gigi bersih dari mulut. Katakan padanya, pasta meski aromanya enak, pasta gigi bukan makanan untuk ditelan. Oleskan pasta gigi selapis tipis saja pada sikat giginya agar rasa manis dan aromanya tidak terlalu terasa, dan beri penjelasan “makan” pasta gigi dapat membuat perut “marah” dan sakit.

drg. Wina E. Darwis, MDSc., SpKGA

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more