Gangguan Penglihatan Balita

 

Tanya: Balita laki-laki saya berusia 1,5 tahun seringkali agak menundukkan kepalanya saat nonton tivi, sehingga pupil mata mengarah ke atas. Kadang dia juga sedikit menengok ke kanan atau ke kiri dan matanya seperti dipicingkan saat menonton. Apakah itu berarti mata balita saya minus? Bisakah balita berusia 1,5 tahun diperiksa matanya untuk mengetahui apakah ia mengalami rabun jauh? Jika ternyata ia rabun jauh, apakah masih bisa diperbaiki?

Jawab: Ada beberapa faktor yang menyebabkan balita berusaha untuk memfokuskan penglihatannya sehingga melakukan posisi-posisi seperti menundukkan kepala, sedikit menengok ke kanan atau ke kiri. Untuk mengetahui lebih lanjut penyebabnya harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan visus (ketajaman penglihatan) dan untuk melihat apakah pusat penglihatannya bergeser, atau adakah kelainan otot-otot postural dan sebagainya. Sebaiknya pemeriksaan ini segera dilakukan sehingga dapat segera dilakukan koreksi.

Dr. Arti Kusumawati, Sp.A
RSIA Hermina Tangerang

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more