Hilangkan Hemangioma

 

Tanya: Apakah hemangioma itu? Bisa hilang atau tidak? Jika bisa, butuh waktu berapa lama? Apakah bisa menganggu aktivitas gerak balita?

Jawab: Hemangioman adalah pertumbuhan pembuluh darah yang tidak normal, dan dapat tumbuh di seluruh bagian tubuh manapun. Bentuknya bermacam-macam. Sebanyak 55% hemangioma sudah terlihat sejak lahir dan sisanya baru terlihat setelah bayi berusia seminggu. Hemangioman tampak seperti bintik atau bercak merah kebiruan yang makin lama makin besar. Ukuran terbesar biasanya tercapai pada usia 8 bulan (ada yang sampai 1 tahun), selanajutnya ukurannya akan menetap.
Sebanyak 50% kasus hemangioma akan menghilang pada usia 5 tahun dan sisanya pada usia pubertas. Pemberian obat tertentu, atau pun terapi laser untuk menghilangkan hamangioma, ditentukan oleh letak, ukuran dan kecepatan pertumbuhannya.
Ummya, hemangioma tidak menganggu aktivitas balita, kecuali ukurannya sangat besar, atau bila letaknya berada pada organ-organ tubuh yang penting seperti mata. Orang tua harus hati-hatai menjaga hamangioma agar tidak terluka dan menimbulkan banyak pendarahan, karena hemangioma berasal dari pembuluh darah. 
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more