Jika Anak Suka Komentar Sembarangan

 

Tanya: Anak saya yang 3 tahun, gemar bicara dan bertanya apa saja. Belakangan ini ia suka mengomentari penampilan seseorang. Misalnya, “Ih, kok orang itu gendut, sih Ma?” Saya malu, orang pikir ia tidak diajar. Bagaimana agar anak saya tak berkomentar sembarangan?

Jawab: Anak umur 2-6 tahun berada pada tahap perkembangan fast mapping, antara lain ditandai dengan perkembangan bahasa yang meningkat sangat cepat. Namun, karena kemampuan berpikirnya yang masih kongkret, pemahamannya terhadap arti kata masih terbatas pada kata-kata yang juga kongkret, seperti botol, meja, dan susu.

Pemahamannya terhadap nilai, norma, aturan dan etika masih jauh dari cukup. Maka ia bisa spontan mengomentari sesuatu atau seseorang tanpa berpikir komentarnya itu dapat menyinggung perasaan orang lain. Sebagai orang tua, kita harus mengembangkan pemahaman terhadap nilai, norma, aturan dan etika yang berlaku di masyarakat. Mana yang baik, mana yang buruk, mana yang salah, dan mana yang benar. Tak perlu memarahi karena dia memang belum mengerti.

Tentang komentar dia atas, sebaiknya Anda jawab, “Iya Nak, tapi kamu tidak boleh mengucapkannya dengan keras, apalagi sambil menunjuk-nunjuk. Itu tidak sopan namanya.” Lalu Anda minta maaf pada orang tersebut. Ungkapan maaf Anda menjadi pembelajaran pada anak bagaimana kita minta maaf pada orang lain. Pada orang tersebut juga menunjukkan bahwa Anda mengajari anak bila ia tidak tepat perilaku atau kata-katanya.  

Dini P Daengsari, MPsi:

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more