Kakak Justru Suka Meniru Adik

 

Tanya: Jarak anak saya yang pertama dengan yang kedua hanya 14 bulan. Anak saya yang pertama sudah 22 bulan belum bisa lancar bericara. Saya perhatikan dia suka sekali meniru apa yang adiknya (7bulan) kerjakan. Misal bermain lidah dan air liur. Yang saya khawatirkan, jangan-jangan nanti yang besar pertumbuhannya dan aktifitasnya terganggu karena suka ikut-ikut adiknya atau ingin diperlakukan sama dengan adeknya. serasa masih bayi lagi.

Jawab: Bila kakak masih suka meniru apa yang dilakukan adiknya, itu merupakan salah satu cara kakak agar lebih diperhatikan oleh orang didekatnya. Termasuk mencari perhatian Bunda.  Jadi Bunda tidak perlu khawatir, hanya saja Bunda tetap harus memberitahu kakak, mana tingkah laku yang boleh ditiru mana yang tidak.  Bila si kakak tidak ikut meniru adik, jangan lupa untuk memberikan pujian atas perubahan sikap yang dilakukannya.

Tentang kemampuan bicara kakak , untuk Bunda ketahui bahwa anak usia 22 bulan seharusnya sudah memiliki kosa kata kurang dari 50 kata dan sudah mampu menyebutkan dua suku kata yang dimengerti oleh orang yang mendengarnya. Jika tidak ada kelainan organ yang menyertai gangguan bicara, Bunda bisa memberikan lebih banyak stimulus, misalnya Bunda bisa membacakan cerita sambil bermain. Namun jika Bunda ingin penilaian yang lebih pasti, Bunda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak atau ke klinik tumbuh kembang.

dr. Khairani Diman, Sp.A, dari Kemang Medical Care, Jakarta

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more