Kakak Menolak Disapih

 

Tanya: Anak kami (2,5 th) belum mau disapih. Berbagai cara telah kami lakukan namun tidak ada yang berhasil. Keinginannya untuk menyusu pada saya justru menguat ketika melihat adiknya juga menyusu. Apa yang harus saya lakukan?

Jawab: Penyapihan pada anak pertama memang sulit jika dilakukan dengan tiba-tiba. Namun jangan khawatir, jika penyapihan ini dilakukan dengan kasih sayang, niscaya akan berhasil.
  1. Jangan memaksa anak untuk minum susu di gelas saat ia minta menyusu pada ibu. Berikan saja sambil dibelai lembut dan diajak bicara. Kegiatan ini jangan terlalu lama, kemudian ajak anak minum susu bersama. Sediakan 2 gelas, untuk balita dan Anda, kemudian minum susu bersama.
  2. Jika anak tidak minta susu, tidak usah ditawarkan. Biarkan dia bermain dan jika haus berikan putih atau susu di gelasnya, sambil dipeluk atau disayang.
  3. Berikan kegiatan bermain positif sehingga anak lupa kegiatan menyusunya.
  4. Bekerja samalah dengan ayah. Saat ibu menyusui adik, mintalah suami untuk menemaki si sulung. Sebaiknya, jangan dengan pembantu atau baby sitter supaya anak tidak merasa disisihkan. Libatkan si sulung untuk menemani bu merawat adiknya. Pujilah dan peluklah jika membantu ibu agar ia merasa dihargai.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more