Makan Di rumah Kakek

 

Tanya: Saya sangat menjaga makanan bayi perempuan saya (10 bulan), karena nafsu makannya besar. Masalahnya, setiap bulan dia ke rumah kakeknya di luar kota dan semua saudara selalu memberi makanan enak pada anak saya. Bagaimanan menyikapi hal ini?

Jawab: Anda beruntung karena bayi tidak mengalami kesulitan makan. Namun saya juga memahami kekhawatiran Anda. Mengenai kunjungan ke keluarga besar sebulan sekali sebenarnya tak perlu terlalu dirisaukan.
Anggaplah dalam sebulan ada 30 hari, dan 29 hari si bayi Anda beri makanan sesuai standar Anda, sehingga hanya sehari yang tidak sesuai standar. Satu hari di luar kebiasaan itu, anggaplah hiburan untuk anak. Secara psikologis, hal ini berguna bagi anak untuk belajar fleksibel dan beradaptasi dengan situasi hariannya. Bisa juga Anda mencoba menyarankan keluarga besar untuk memberi anak sayuran atau jus buah. Sambil berbincang santai, ungkapkan kekhawatiran Anda terhadap kemungkinan anak mengalami obesitas jika tak terkontrol makannya. Dengan penyampaian yang baik, mudah-mudahan hal ini bisa diterima keluarga besar Anda.
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more