Mencegah Anak Obesitas

 

Tanya: Apakah upaya untuk mencegah anak saya (4) agar tidak obesitas? Beratnya sudah hampir mencapai 25 kg.

Jawab: Pada prinsipnya untuk mencegah obesitas dapat dilakukan dengan pengaturan diet, peningkatan aktivitas fisik, dan mengubah perilaku makan anak.
  • Pengaturan makan dimulai dengan makan teratur 3 kali sehari. Bila anak masih lapar, Anda dapat memberikan buah tapi tidak dalam bentuk jus. Hindari memberikan jenis-jenis buah berkalori tinggi, seperti avokad, pisang, dan mangga. Perbanyak pemberian air putih kepada anak serta sayur.
  • Peningkatan aktivitas fisik yang dilakukan anak tidak harus selalu dalam bentuk olahraga. Berbagai jenis aktivitas fisik yang dia sukai dapat dia lakukan, yang penting anak berkeringat karena itu menunjukkan adanya proses pembakaran kalori. Batasi lama anak menonton TV serta bermain dengan komputer.
  • Perilaku makan anak dapat diubah dengan menghindarkan anak dari kebiasaan ngemil serta makan mengonsumsi makanan berkalori tinggi, seperti cokelat, es krim, minuman ringan bersoda. Biasakan anak makan di rumah dan batasi mengajak anak makan di pusat-pusat perbelanjaan. Sebab, makanan yang dibuat di rumah akan mengandung kalori lebih rendah.  (me)
dr. Aryono Hendarto, SpAK

Baca juga:
Mengatasi Balita Obesitas
Gemuk = Sehat, Kuno!
Tidur Lelap Cegah Obesitas

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more