Mencegah Penularan Cacing Pita

 

Tanya: Bagaimana mencegah penularan penyakit cacing pita? Teman anak saya (13 bulan) didiagnosa terinfeksi cacing pita. Menularkah?

Jawab: Cacing pita, yang bentuknya seperti pita panjang, didapat dari daging setengah matang atau air yang tercemar. Anak-anak mudah menularkan di antara mereka karena bersentuhan kulit atau benda yang tercemar dengan telur atau cacingnya, misalnya sendok. Telur tersebut akan masuk melalui mulut dan berkembang biak di usus untuk menjadi cacing dewasa. Tertelan kutu anjing atau  terpapar tinja kucing atau anjing yang tercemar juga dapat menyebabkan seseorang terserang cacing pita.

Jelaslah, faktor utama penularan cacing pita adalah tidak terjaganya kebersihan diri. Biasakan anak selalu mencuci tangan setelah buang air besar, bermain dan memegang binatang peliharaan, serta larang dia memasukkan tanah ke dalam mulutnya. Binatang peliharaan juga harus secara teratur diberi obat cacing dan biasakan membuang kotorannya pada tempat yang disediakan. Apabila anak terserang infeksi cacing, maka seluruh anggota keluarga harus diobati pula pada waktu yang sama.

dr. Hindra Irawan Satari, SpA(K), MTrop. Paed

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more