Mengapa Anak Saya Sangat Kurus?

 

Tanya: Mengapa anak saya (14 bulan) sangat kurus? Berat badannya hanya 8  kg dan panjang 76 cm. Dia makan 3 kali sehari dan minum susu 4 kali (@ 120 cc). Pertanaan lain, mengapa anak saya itu sering memasukkan jari telunjuknya ke dalam telinga? Apa yang harus saya lakukan?  

Jawab: Berat dan panjang badan seorang anak sangat dipengaruhi berat dan panjang lahirnya, selain juga asupan nutrisi yang diberikan. Sebagai patokan, pada usia 1 tahun berat badan adalah 3 kali berat lahir, sedangkan panjang badan 1,5 kali panjang lahir. Rata-rata anak usia 15 bulan, berat badannya  antara 7,6 – 11,5 kg dan panjangnya antara  72 – 86,7 cm.

Dari data yang Anda berikan, kedua ukuran tubuh anak Anda tersebut masih normal. Asupan susunya juga sudah cukup. Untuk menambah kenaikan berat badan, Anda dapat memberinya snack berat. Misalnya, kroket, arem-arem dan makaroni panggang
Sedangkan kebiasaan memasukkan jari ke telinga, mungkin karena ada yang dirasakannya tidak nyaman di daerah tersebut. Sebaiknya periksakan anak ke dokter.

Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K)


 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more