Menghentikan ASI Karena Ibu Bekerja

 

Tanya: Saya ibu dari anak saya yang kini usianya 3 bulan. Sejak lahir anak saya selalu minum ASI dan kebetulan produksi ASI saya banyak. Tetapi setelah usia 3 bulan saya harus menghentikan pemberian ASI kepada anak saya dikarenakan saya harus bekerja di luar propinsi dan anak saya tinggal bersama neneknya.Yang saya mau tanyakan : 1. Bagaimana perawatan yang benar untuk payudara saya yang masih memproduksi ASI? 2. Apakah ada efeknya terhadap saya dikemudian hari karena saya menghentikan ASI terhadap anak saya?

Jawab: ASI merupakan nutrisi yang mengandung komponen makro (karbohidrat, protein dan lemak) dan mikronutrien (vitamin dan mineral). Sangat disayangkan menghentikan payudara yang masih memproduksi ASI dan menghentikan pemberian ASI terhadap anak. Sebaiknya ibu berlatih memerah ASI. Perah ASI setiap 3-4 jam dan disimpan dalam lemari es, diberi label tanggal dan jam ASI diperah. ASI yang disimpan dalam lemari es dapat bertahan selama 2 x 24 jam. ASI yang diperah terdahulu diberikan lebih dahulu. ASI yang diperah dapat dibekukan untuk persediaan / tambahan selama ibu bekerja. ASI beku dapat disimpan antara 1-6 bulan. Saat akan memberikan ASI beku, ASI ditempatkan di lemari es pendingin supaya mencair dan harus digunakan dalam 24 jam. ASI yang disimpan di lemari es perlu dihangatkan sebelum diberikan kepada bayi dengan merendamnya dalam air hangat. ASI yang sudah dihangatkan tidak boleh dikembalikan dalam lemari es. Sekresi ASI banyak, jika ASI tidak dikeluarkan sempurna, payudara akan bengkak. Payudara tampak merah, mengkilat dan sangat nyeri, terjadi bendungan pada pembuluh darah dan limfe. Payudara bengkak dapat dicegah dengan masase dan ASI dikeluarkan.

dr.Linnie Pranadjaja, Sp.A, M.Kes
RS Mitra Keluarga Bekasi

 

 

 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more