Mimisan Karena Faktor Keturunan?

 

Tanya: Anak saya yang usianya 3 tahun 4 bulan sering mimisan, apalagi ketika pilek. Bagaimana cara mengatasinya dan ppakah miimisan karena faktor keturunan?

Jawab: Mimisan (epistaksis) bukan suatu gejala yang sangat serius. Kelainan ini antara lain memang banyak ditemukan pada anak yang orang tuanya juga mengalami hal serupa di waktu kecil. Ada 2 hal penting dalam pengobatan mimisan, yaitu menghentikan pendarahan dan mencegah terjadinya pendarahan.

Pendarahan umumnya berhenti spontan atau dibantu dengan menjepit hidung menggunakan jari, kepala ditunfukkan ke depan (jangan ke belakang), untuk menghindari masuknya darah ke rongga mulut dan tertelan. Namun, jika mimisan menetap atau terus berlangsung, sebaiknya dievaluasi lebih lanjut oleh dokter spesialis THT.

Pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari trauma terutama pada anak yang gemar olahraga atau terbiasa mengorek hidung. Pengaturan udara dan kelembapan udara sekitar juga harus diperhatikan. Pada cuaca sangat dingin atau kering, penggunaan cairan fisiologis (NaCl 0,9%)  atau gel khusus sebagai pelumas hidung sangat dianjurkan. Pemakaian daun sirih dapat membantu karena mempunyai efek lokal sebagai antiseptik dan anti pendarahan ringan

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more