Perkembangan Kecerdasan dan Tinggi Badan Balita

 

Tanya: Anak laki-laki saya berusia 4 tahun  bertubuh pendek kurang dari rata-rata tinggi anak seusianya. Kata dokter karena faktor keturunan. Apakah tinggi badan anak membuat kecerdasannya berkurang? Saya khawatir anak saya jadi bahan olokan teman-temannya kelak.

Jawab: Pertumbuhan balita dipengaruhi oleh interaksi antara faktor bawaan (genetik) dan faktor lingkungan. Gizi yang baik, lingkungan sehat, kesempatan melakukan olahraga dan gerak fisik bagi anak sangat penting untuk menunjang pertumbuhan yang optimal.
 
Tidak ada hubungan antara tinggi badan dan taraf kecerdasan. Perkembangan kecerdasan lebih dipengaruhi oleh, antara lain gizi dan kesehatan yang baik, stimulasi yang diterima balita pada usia dini, dan  kesempatan untuk belajar dan bermain. Yang perlu Anda lakukan adalah:
  • Tidak membanding-bandingkan anak dengan anak-anak lain, karena tiap anak adalah individu berbeda dalam tinggi, berat dan besar badan.
  • Bila lingkungan tidak selalu memfokuskan perhatian pada tubuhnya yang pendek, mungkin balita juga tidak akan terlalu khawatir atau peduli pada keadaan badannya.
  • Kembangkan kelebihan balita ketimbang merisaukan kekurangannya.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more