Pertumbuhan Gigi Dan Rambut

 

Tanya: Anak saya (9 bulan) sampai sekarang giginya belum tumbuh. Sewaktu hamil saya juga lebih sering minum susu sapi segar daripada susu untuk ibu hamil. Apakah itu indikasi waktu hamil saya kekurangan kalsium? Pertanyaan yang ke-2 kenapa rambutnya juga belum tumbuh lebat (masih gundul) ? padahal wktu hamil saya selalu minum air rebusan kacang hijau & susu kedelai? mohon jawabannya, terimakasih.

Jawab: Gigi bayi mulai tumbuh pada usia yang berbeda-beda. Umumnya gigi bayi pertama tumbuh pada usia 6 bulan – 12 bulan. Pertumbuhan gigi bayi dimulai sejak dalam kandungan (janin usia 4 minggu) sampai bayi lahir. Pertumbuhan gigi dipengaruhi oleh asupan kalsium selama ibu hamil dan daya serap kalsium oleh janin. Jadi ibu yang mengkonsumsi tinggi kalsium, belum tentu pertumbuhan gigi bayinya akan lebih cepat. Tapi dipengaruhi juga oleh daya serap kalsium janin. Jangan khawatir rambutnya belum tumbuh, yang penting anak ibu sehat. Rambut bayi baru lahir ( velus ) adalah rambut sementara, yang akan rontok dengan sendirinya sebelum anak berusia setahun, kemudian berganti dengan rambut tetap (permanen). Faktor-faktor yang mempengaruhi rambut bayi adalah faktor genetik, faktor gizi, hormon ibunya ( hormon androgen), dan faktor lingkungan (polusi, sinar matahari dan penyakit rambut / ketombe ). Jadi bukan hanya karena faktor asupan makanan ibu saat hamil (kacang hijau dan susu kedelai).

dr.Linnie Pranadjaja, Sp.A, M.Kes
RS Mitra Keluarga Bekasi

 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more