Pola Tidur Anak Mirip Bayi

 

Tanya: Pola tidur anak saya yang kini usianya 1,5 tahun masih seperti bayi. Yakni, bangun setiap 2 atau 3 jam di malam hari untuk menyusu. Apakah normal? Saya masih memberikan ASI diselingi susu formula 3 kali sehari 60 -100 ml dan makanan padat 3 kali sehari plus snack. Mulai usia berapa bisa diberi sereal dan susu UHT?  

Jawab: Umumnya, anak yang telah berusia 1 tahun ke atas sudah mempunyai pola tidur yang hampir sama dengan orang dewasa. Bila anak Anda saat ini selalu bangun hampir tiap jam di malam hari, coba evaluasi apakah ia sudah cukup kenyang sebelum tidur, atau apakah kebiasaan tersebut hanya ‘ngempeng’ saja untuk mendapatkan kenyamanan. Apakah Anda bekerja dari pagi hingga sore hari?

Berdasarkan pola pemberian makan yang Anda tuliskan, sepertinya Anda sudah mencoba menerapkan dengan baik. Hanya, Anda perlu mengevaluasi mengenai kualitas dan volume makanan  yang diberikan agar dapat menjamin kecukupan asupannya.
Anda juga perlu memerhatikan konsistensi dan bentuk makanan yang diberikan, karena konsistensi dan bentuk makanan anak yang usia 1 tahun sudah sama dengan makanan keluarga. Susu UHT dapat diberikan setelah anak berusia 1 tahun, dan sereal sudah dapat diberikan sejak anak mulai diperkenalkan makanan padat atau usia 6 bulan.

dr. Titis Prawitasari, SpA

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more