Riwayat orangtua alergi

 

Tanya:  Apakah anak-anak saya (usia 5 dan 3 tahun) akan saya warisi alergi yang saya derita? Anak pertama alergi ringan udang dan kerang, sedangkan anak kedua alergi makanan laut dan buah-buahan terutama stroberi.

Jawab: Alergi memang diturunkan, tetap tidak selalu 100%. Besarnya risiko anak menderita alergi dapat dilihat dari riwayat alergi di dalam keluarganya, seperti asma, alergi hidung, serta eksim (dermatitis atopik). Apabila ada anak Anda yang menderita alergi, maka kemungkinan anak lainnya juga menderita alergi sebesar 20-30%. Bila salah satu dari Anda menderita alergi, maka kemungkinan anak-anak Anda menderita alergi sebesar 25-40%. Sedangkan bila Anda dan pasangan sama-sama menderita alergi, risiko anak-anak Anda meningkat jadi 40-60%, dan bila Anda berdua menderita alergi yang sama, risikonya menjadi 60-80%. Bahkan, bila tidak ada riwayat alergi dalam keluarga, anak Anda tetap berisiko menderita alergi sebesar 5-15%.

Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpAK


 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more