Sekolah Usia Terlalu Dini

 

Tanya: Balita saya sejak usia 2 tahun sudah ikut play group. Benarkah jika menyekolahkan anak sejak terlalu dini, kelak akan membuat dia bosan sekolah?

Jawab: Sekarang ini ada sekolah-sekolah yang menerima anak bahkan dari 6 bulan. Saya sendiri nggak terlalu setuju kalau orangtua terlalu bergantung pada sekolah. Jauh lebih baik anak berkembang di rumah dalam masa balitanya. Tapi kalau memang tak ada yang bisa mengasuh secara aman, dan tak ada yang bisa menstimulasi anak dengan tepat, daripada anak tak aman atau tak terstimulasi, boleh juga anak bersekolah. Jadi kalau orangtua masih bisa mengasuh, lebih baik dengan orangtua.

Yang membuat anak bosan atau tidak sebetulnya bukan masalah bersekolah dari usia dini, tapi lebih karena berbagai pendekatan pendidikan yang kurang tepat di usia selanjutnya. Misalnya nih, kalau seorang anak di SD punya begitu banyak PR dan harus sering les sampai tak sempat bermain, juga sering mendapat omelan dari orangtua karena nilainya kurang bagus. Kalau ini yang terjadi, tentu saja anak cepat bosan. Tapi kalau anak masih bisa senang bersekolah, misalnya karena dia punya banyak kesempatan bermain, punya banyak teman, bisa berkreasi, dia pasti akan betah sekali bersekolah.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more