Susu Fermentasi Untuk Balita

 

Tanya: Apakah anak saya (2 tahun) boleh minum produk susu fermentasi? Jika ya, berapa jumlahnya dalam sehari agar tidak mengganggu pencernaannya?   

Jawab: Produk susu fermentasi biasanya dibuat dari susu sapi segar sehingga produk tersebut hanya dapat dikonsumsi oleh bayi berumur di atas 1 tahun. Jadi, anak Anda sudah dapat mengonsumsi susu fermentasi 2–3 kali sehari @ 50–100 ml, karena untuk memberikan manfaat kesehatan diperlukan jumlah probiotik yang cukup.

Seperti diketahui, saluran cerna dianggap sebagai organ terpenting dalam menciptakan kesehatan secara keseluruhan, khususnya sebagai organ kekebalan tubuh. Produk susu fermentasi yang mengandung probiotik merupakan suplemen mikroba hidup yang baik. Mikroba ini akan berkembang biak dalam usus dan dapat memberikan efek kesehatan pada manusia dengan memperbaiki keseimbangan mikroflora usus. Keberadaan mikroba di dalam saluran cerna sangat penting dalam proses perkembangan sistem imun saluran cerna manusia.

dr. Muzal Kadim, SpA

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more