Tanya – Jawab: Bahaya Kejang Pada Balita

 

T: Ketika demam 390C, balita saya (1 tahun 9 bulan) terserang kejang untuk pertama kalinya. Dokter melakukan CT Scan, dan hasilnya bagus. Benarkah anak yang pernah kejang perkembangan otaknya akan terganggu? Adakah penyebab lain dari kejang selain demam tinggi?

Kejang (step) yang dapat mengganggu perkembangan otak balita adalah yang berlangsung lama (lebih dari 15 menit), sering dan berulang. Selain itu, bahaya atau tidaknya step juga tergantung dari penyebabnya. Step yang disebabkan radang otak tentu akibatnya lebih buruk bagi balita dibandingkan yang disebabkan demam tinggi.  

Selain demam tinggi dan radang otak, beberapa penyebab step yang lain adalah radang selaput otak, tumor, trauma/cedera kepala, dan keluhan elektrolit darah (elektrolit yang paling sering terlibat dalam gangguan keseimbangan garam adalah natrium, kalium, kalsium, fosfat dan magnesium). Itu sebabnya, orang tua bersama dokter sebaiknya mencari tahu apa penyebab step yang dialami balita, sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more