Tanya – jawab: Balita Susah Minum Obat

 

T: Anak saya (1 tahun 8 bulan) sangat aktif dan jarang sakit. Tetapi kalau sakit, dia tidak mau minum obat, dan jika dipaksa pasti muntah. Bagaimana cara memberikan obat pada balita? Apakah obat bisa dicampur susu? 
 
J: Pada prinsipnya, pemberian obat pada balita yang sakit merupakan proses pembelajaran. Proses paling dini adalah dengan komunikasi. Sebaiknya sejak bayi, saat anak sakit, ia diberitahu bahwa ibu akan memberi obat untuk membebaskannya dari rasa tidak nyaman, misalnya akibat demam, batuk atau apa pun keluhannya. Minta juga ia untuk memperhatikan orang-orang di sekitarnya yang minum obat saat sakit. Balita akan belajar bahwa obat adalah “penolong”.
 
Pencampuran obat dengan susu tidak dianjurkan karena dikhawatirkan obat akan mengalami perubahan komposisi atau khasiatnya. Namun sesudah minum obat, balita diperbolehkan minum susu. Untuk pemanis rasa obat, dapat diberi sirup khusus yang sekarang tersedia di apotek.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more