Tanya Jawab: Hafal Huruf

 

Tanya:
Bermula dari kado berupa huruf dan angka yang tidak jadi saya hadiahkan ke anak teman, kemudian dipakai main oleh anak saya yang berusia 19 bulan. Tanpa saya sadari, mainan itu membuatnya jadi pintar dan hafal abjad A sampai Z, serta angka 1 hingga 10. Sementara itu, mainan mobil-mobilan tidak mau ia sentuh. Apakah ini ‘berbahaya’ bagi perkembangannya?

Jawab:

Selama anak belajar sambil bermain, walaupun ibu menganggap belum waktunya, ibu tidak perlu khawatir. Setiap anak berbeda minat dan tempo perkembangannya.

Ada anak yang cepat berminat dengan hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan skolastik. Hal tersebut tergantung kematangannya dan juga bagaimana rangsangan yang diperoleh dari lingkungan atau keluarganya. Yang penting, belajar mengenal angka dan huruf dalam suasana bermain yang menyenangkan dan tidak mendatangkan stres.

Bila saat ini ia masih belum mau menyentuh mainan mobil-mobilannya, tidak apa-apa. Hal ini tidak membahayakan perkembangannya. Yang ditekankan saat bermain adalah anak tidak merasa stres, berada dalam suasana yang menyenangkan, dan orang dewasa juga tak mengajarkan sesuatu dengan memaksa.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more