Tanya Jawab: Pengobatan Berkepanjangan

 

Tanya:

Putri saya umur 12 bulan berat badan 8,3 kg sejak umur 5 bulan tidak mengalami kenaikan berat badan yang berarti. Setelah pemeriksaan, dokter bilang anak saya terkena infiltrasi paru, penyakit apakah itu ?

Menurut dokter dia harus menjalani pengobatan panjang selama 6 bulan, saat ini baru berjalan 1,5 bulan. Apakah tidak ada alternative pengobatan yang lebih pendek ? Apakah bahaya bila anak harus menjalani pengobatan jangka panjang dengan antibiotik dan apakah antibiotik jangka panjang akan merusak gigi ?

Jawab:
Banyak sekali penyebab berat badan anak tidak naik-naik. Mulai dari gangguan pencernaan, saluran ginjal sampai asupan makanan yang kurang dan lain-lain. Salah satu kemungkinan lain adalah anak terserang penyakit TBC.

Untuk mengetahui dengan pasti apakah anak memang terserang TBC maka harus dilakukan tes Mantoux yang bila positif maka akan dilakukan rontgen dada untuk menunjang pemeriksaan dan data tambahan.

Bila anak memang positif terserang TBC maka pengobatannya memang harus dilakukan dalam jangka waktu panjang minimal 6 bulan. Tidak ada alternatif pengobatan lain.

Antibiotik yang merusak gigi adalah tetrasiklin yang sekarang jarang dan sulit dijumpai.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more