Tanya Jawab: Sayang Ayah

 

Tanya:

Si kecil kami lebih lengket dengan saya ketimbang ibunya. Repotnya, setiap hendak ditinggal ke kantor, tangisnya menjadi-jadi. Dan saat saya kerja suka mengganggu. Bagaimana mengatasi hal ini?

Jawab:

Keadaan ini memang agak jarang terjadi. Karena biasanya anak cenderung lebih dekat dan “lengket” dengan ibunya. Yang menjadi pertanyaan dan perlu ditelurusi mengapa hal ini bisa terjadi?

Mengupayakan kedekatan emosional yang positif antara orang tua/pengasuh bayi/anak sejak awal sangatlah penting. Namun jika berlebihan akan membuat anak menjadi sangat tergantung dalam mengadapi keadaan yang butuh perjuangan.

Keadaan ini harus segera ditangan agar tidak terlalu berlarut-larut. Coba bapak mengembangkan beberapa strategi agar anak tidak menangis kalau ditinggal. Hati-hati, umumnya dalam kondisi ini orang tua justru melakukan cara penanganan yang banyak melibatkan emosi negatif karena kesal menghadapi sikap dan perilaku anak. Padahal cara seperti itu justru membuat anak semakin tidak nyaman. Sadari bahwa perilaku ini merupakan indikasi anak merasa tidak nyaman. Sehingga fokuskan solusinya pada bagaimana cara membuat anak merasa nyaman. Jika ini tetap berlanjut, segeralah berkonsultasi dengan psikolog untuk penanganan lebih lanjut.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more