Tanya Jawab: Susah Tidur

 

Tanya:

Setiap malam, anak saya (3) sulit tidur. Ia baru terlelap pukul 01.00 lebih. Sejujurnya,hubungan saya dengan suami tidak begitu harmonis. Kami sering bertengkar di depan anak, baik dengan kata-kata atau kekerasan. Saya tahu hal ini tidak baik bagi perkembangan jiwanya, tapi saya ingin dia bisa mengatasi susah tidur. Mohon solusinya.

Jawab:

Anak sangat peka dan pengamat yang tajam terhadap keadaan lingkungannya. Ia mampu merasakan kegalauan hati orang tuanya, terlebih ibunya. Bila Anda merasa cemas dan tegang, anak pun mengalaminya. Maka pertengkaran maupun suasana yang kurang hangat antara ayah dan ibunya bisa membuat anak cemas dan mengancam. Namun ia belum mampu mengekspresikan kecemasan seperti orang dewasa. Bila ini berlarut-larut, akan mengganggu tumbuh kembang si kecil.

Sebaiknya Anda berdua berkonsultasi ke psikolog perkawinan untuk mendapatkan solusi yang tepat demi keharmonisan keluarga Anda. Yang akhirnya juga berdampak positif bagi perkembangan anak. Selanjutnya, Anda pun dapat membantu anak agar tidur lebih tenang dengan menciptakan suasana nyaman sebelum tidur, memberikan pelukan dan kehangatan untuknya. Libatkan suami Anda bersama-sama dalam aktivitas yang menyenangkan, seperti mendongeng sebelum tidur.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more