Tanya - Jawab: Tubuh Balita Kecil

 

T: Berat badan balita saya (3,5 tahun) 10 -11 kg. Makan rutin, setiap hari minum susu 2-3 kali. Walau badannya kecil, dia lincah dan agresif. Apakah ada pengaruh bawaan orang tua karena tubuh istri saya juga kecil?  
 
J: Sejak anak berusia 2-3 tahun, kenaikan berat badannya tidak sebanyak tahun pertama atau kedua kehidupannya. Pada tahun pertama (0 – 1 tahun), berat badan rata-rata naik mencapai 2-3 kali berat lahir, dan pada usia 2 tahun akan meningkat lagi hingga 4 kali berat lahir. Setelah itu, tidak masalah jika terjadi kenaikan berat badan sebanyak 2,5 – 3 kg setiap tahun. Untuk anak Anda, berat idealnya adalah 12 – 15 kg (tergantung jenis kelamin dan tinggi badannya).
 
Pengaruh genetika pada bentuk tubuh tentu ada. Bila Bapak masih khawatir dengan pertumbuhan dan berat badan balita Anda, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter anak Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more