Tanya-Jawab: Anak Susah Makan

 

Tanya: Anak saya laki-laki berumur dua tahun sembilan bulan. Sekarang makanannya sudah seperti makanan orang dewasa umumnya. Namun setiap makanan pasti diemut di dalam mulutnya lama sekali. Satu sendok bisa 30 menit bahkan lebih. Kami sudah berupaya mengajaknya bermain sambil makan namun dia mudah bosan. Paling cuma bertahan pada suapan ke tiga.

Apa yang menyebabkan anak saya suka mengemut makanannya? Apakah ada cara atau vitamin yang bisa mengubah cara makan dan nafsu makannya.

Jawab: Ibu Atmelia, memberi makan adalah salah satu proses pendidikan yang membutuhkan waktu dan kesabaran. Biasanya karena proses peralihan dari makan cair ke makan padat tidak berlangsung dengan mulus sehingga anak sudah terbiasa dengan yang langsung ditelan tanpa dikunyah.

Apakah anak ibu mengalami juga keterlambatan dalam bicara? Bila ya, nampaknya perluk penanganan lebih lanjut. Bila tidak, coba ajarkan makan bersama dalam satu meja sehingga anak melihat contoh orangtuanya makan dengan mengunyah, atau makan bersama dengan teman seumur. Selamat mencoba.

dr. Elizabeth Yohmi, SpA, IBCLC dari RS St. Carolus Jakarta
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more