Tanya-Jawab: Apakah perkembangan bayi prematur akan lambat?

 

Tanya: Anak saya, 3 tahun, lahir prematur dengan berat lahir 1 kg. Sekarang dengan berat badan 12 kg dan tinggi 82 cm, fisiknya tampak normal. Dia aktif dan mengerti pembicaraan orang, tapi perkembangannya lambat. Dia belum bisa berjalan (hanya merangkak dan merambat), belum bisa  bicara, serta sering sakit. Mungkinkah ada klinik  yang bisa membantu kondisi seperti itu? Pengobatan seperti apa yang cocok untuk kondisi seperti itu?
 
Jawab:    
Dari data yang diberikan, tampaknya pertumbuhan anak Anda masih dalam batas normal dan cukup bagus untuk anak yang lahirnya 1 kg.  Bayi prematur memang berisiko mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Makin kecil usia kehamilan dan makin kecil berat lahir, makin tinggi risiko terjadinya gangguan tumbuh kembang.

Penyebab gangguan ini bisa bermacam-macam, antara lain, kematangan susunan saraf pusat, gangguan pada waktu baru lahir (sekitar kelahiran), seperti gangguan pernapasan. Untuk mengetahui penyebab keterlambatan perkembangannya, perlu pemeriksaan lebih teliti. Untuk itu, anak dapat dibawa ke Klinik Tumbuh Kembang di rumah sakit terdekat.  

Untuk sementara, anak dapat distimulasi, antara lain dengan mengajak bicara serta melatih berdiri, juga memberikan perhatian yang lebih besar. Lakukan latihan ini secara intensif. Selain itu, dapat diberikan makanan yang banyak mengandung zat besi, seperti bayam, kangkung, juga multivitamin dan mineral, terutama yang mengandung zat besi, mengingat cadangan zat besi untuk anak yang lahir dengan berat 1 kg hanya sedikit. Zat besi penting bagi perkembangan anak.  
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more